Sumber Pundi-Pundi Kekayaan Cristiano Ronaldo di Luar Lapangan Hijau
Cristiano Ronaldo mengakhiri kontraknya bersama Manchester United (MU) tanpa kompensasi. Klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut mengumumkan, Setan Merah bersama Ronaldo sepakat mengakhiri kontrak lebih awal dari seharusnya pada Agustus 2023.
Pemutusan kontrak ini terjadi setelah wawancara kontroversial Ronaldo dengan Piers Morgan di TalkTV pada pertengahan November 2022. Kendati kontraknya berakhir, kantong Ronaldo tetap berisi terutama dari aktivitasnya di luar lapangan, seperti bisnis dan dukungan (endorsement) produk.
Forbes mencatat selama karier sebagai pesepak bola profesional, Ronaldo telah mengantongi lebih dari US$1 miliar (Rp15,67 triliun) per 2020. Ini menjadikannya atlet olahraga regu pertama yang kekayaannya melampaui US$1 miliar.
(Baca: Piala Dunia Qatar 2022: Ronaldo Bawa Portugal Puncaki Klasemen Grup H, Ghana Posisi Buncit)
Antara Mei 2021 dan 2022, Forbes memperkirakan bahwa pendapatan mantan pemain Juventus tersebut mencapai US$115 juta. Dari pendapatan tersebut, US$60 juta berasal dari gaji dan sisanya dari endorsement.
Ronaldo memiliki kontrak seumur hidup senilai US$1 miliar dengan Nike. Kontrak seumur hidup dengan perusahaan pakaian dan perlengkapan olahraga yang berbasis di Oregon, Amerika Serikat (AS) ini dilakukan pada akhir 2016. Kontrak ini disepakati 13 tahun sejak kedua pihak memulai kerjasama, yakni ketika Ronaldo masuk ke MU.
Pada 2016, Ronaldo merupakan atlet ketiga yang menandatangani kontrak serupa dengan Nike. Dua atlet sebelum dia adalah pemain basket Michael Jordan dan LeBron James. Kontrak dengan Ronaldo muncul setelah pemain sepak bola itu membawa Portugal memenangkan Piala Euro 2016.
Selain dengan Nike, Ronaldo juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain, termasuk perusahaan produk konsumen Unilever, perusahaan suplemen makanan Herbalife Nutrition, lokapasar aset kripto Binance, perusahaan gim daring Garena, dan media olahraga LiveScore.
Kerjasama Ronaldo dengan perusahaan-perusahaan tersebut sebagian berkaitan dengan produk konsumen. Untuk Unilever, misalnya, Ronaldo membintangi iklan-iklan sampo Clear. Selain itu, Clear juga membuat varian sampo khusus yang disebut CLEAR Men Legend Shampoo by CR7.
Di luar dukungan, Ronaldo juga memiliki bisnis sendiri lewat merek CR7. Produk-produknya adalah kacamata, pakaian dalam, sepatu, dan parfum. Valuasi merek ini diperkirakan mencapai US$ 63 juta pada 2015, menurut media olahraga SportsKeeda, mengutip laporan media Tiongkok Xinhua.
Pada 2015, Ronaldo memperluas bisnisnya ke sektor akomodasi lewat kerjasama dengan perusahaan perhotelan Portugal Pestana Group. Ronaldo membuka cabang hotel Pestana dengan merek CR7 di Funchal. Ini merupakan kota kelahiran pemain sepak bola itu.
(Baca: 4 Hotel Pestana CR7 Milik Cristiano Ronaldo, Terbaru di New York)
Di luar Portugal, hotel Pestana CR7 juga ada di Kota New York di Amerika Serikat, Paris di Prancis, Marrakesh di Maroko, dan Madrid di Spanyol. Ronaldo sempat bermain selama sembilan musim di Real Madrid.