2016, Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh 5,3 Persen

Aria W. Yudhistira
5 Oktober 2015, 14:47
Pertumbuhan Ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan sebesar 5,3 persen.

KATADATA - Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,3 persen pada 2016. Proyeksi ini lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan pada tahun ini sebesar 4,7 persen.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop memperkirakan, pertumbuhan akan ditopang oleh membaiknya kinerja ekspor, seiring dengan membaiknya harga komoditas di pasar global. Demikian pula dengan investasi pemerintah yang akan meningkat pada tahun depan.

Advertisement

Belanja pemerintah diperkirakan tumbuh 3,2 persen pada 2016, lebih tinggi dari perkiraan tahun ini sebesar 2,1 persen. Begitu juga dengan belanja modal yang diyakini tumbuh 5 persen dibandingkan 3,7 persen yang diperkirakan pada 2015.

Bila belanja pemerintah naik, Diop optimistis konsumsi rumah tangga juga akan meningkat. Bank Dunia memproyeksikan, konsumsi rumah tangga pada tahun ini dan tahun depan diperkirakan tumbuh 4,7 persen dan 5,2 persen.

“Investasi kami yakin akan rebound. Ekspor dan konsumsi juga akan naik,” ujar dia saat memaparkan ulasan ekonomi Asia Timur dan Pasifik di kantornya, Jakarta, Senin (5/10).

Dari sisi ekspor, dia memperkirakan tumbuh 4,7 persen tahun depan dari saat ini negatif 0,2 persen. Sedangkan impor diprediksi tumbuh 3,6 persen tahun depan dan negatif 3,2 persen. Terutama karena perdagangan dunia diperkirakan membaik.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement