Mantan Deputi Gubernur BI Ditunjuk Sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS

Presiden angkat Fauzi Ichsan sebagai Kepala Eksekutif LPS Definitif sedangkan mantan Ketua Panitia Seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi diangkat sebagai anggota Komisioner
Aria W. Yudhistira
Oleh Aria W. Yudhistira
23 September 2015, 14:31
Katadata
KATADATA
Presiden menunjuk mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS.

KATADATA ? Presiden Joko Widodo mengangkat Halim Alamsyah sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia  itu menggantikan C. Heru Budiargo yang berakhir masa jabatannya.

?Masa jabatan Heru sudah berakhir, dan tidak bisa diangkat lagi karena usianya sudah di atas 63 tahun,? kata Sekretaris LPS Samsu Adi Nugroho saat dihubungi Katadata, Rabu (23/9).

Pengangkatan Halim tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 158/M Tahun 2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisioner LPS. Dalam Keppres tersebut, juga menetapkan Fauzi Ichsan sebagai Kepala Eksekutif LPS definitif.

?Pak Fauzi sudah tidak pelaksana tugas Kepala Eksekutif per hari ini,? ujar dia.

Dalam  Keppres tersebut, diangkat pula anggota Dewan Komisioner LPS yaitu Destry Damayanti, Robert Pakpahan, Ronald Waas, dan Fauzi Ichsan. Sebelum bergabung dengan LPS, Halim Alamsyah adalah Deputi Gubernur BI dan pernah menjadi anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Ex-Officio).

Sedangkan jabatan terakhir Destry Damayanti adalah Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk dan mantan Ketua Panitia Seleksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ronald Waas dan Robert Pakpahan adalah Anggota Dewan Komisioner (Ex-Officio) yang saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur BI dan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan.

Berikut susunan Anggota Dewan Komisioner LPS yang baru:

  1. Anggota merangkap Ketua: Halim Alamsyah
  2. Anggota merangkap Kepala Eksekutif: Fauzi Ichsan
  3. Anggota: Destry Damayanti
  4. Anggota: Robert Pakpahan
  5. Anggota: Ronald Waas
  6. Anggota: Nelson Tampubolon

Reporter: Aria W. Yudhistira

Video Pilihan

Artikel Terkait