Minim Intervensi, Korban Corona Capai Jutaan Jiwa

Intervensi dari pemerintah dinilai penting untuk menekan penyebaran dan lonjakan kasus Covid-19.
Image title
8 April 2020, 09:46

Beberapa ahli melakukan perhitungan proyeksi jumlah kasus Covid-19. Salah satunya oleh tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Dalam perhitungan tersebut, jika pemerintah tidak melakukan intervensi jumlah korban bisa mencapai jutaan kasus.

(Baca: Tes Massal Covid-19 Indonesia Tertinggal dari Negara Lain)

Tim yang beranggotakan Iwan Ariawan, Pandu Riono, Muhammad N Farid, dan Hafizah Jusril menyusun empat model perhitungan, yakni tanpa intervensi, intervensi rendah, intervensi sedang, dan intervensi tinggi. Mereka memperkirakan jumlah penderita Covid-19 bisa mencapai 600 ribu sampai 2,5 juta orang dengan masa puncak pada pertengahan Mei.  

(Baca: Stempel Darurat Corona di Tangan Terawan)

Menurut mereka, intervensi pemerintah sangat penting untuk menekan penyebaran dan peningkatan jumlah kasus Covid-19. Setidaknya ada lima langkah intervensi yang dapat dilakukan, yakni deteksi kasus, pelacakan kontak, isolasi mandiri, tes massal, dan pembatasan interaksi sosial.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.