Strategi Beda Korea Selatan Lawan Covid-19

Cara yang dilakukan Korsel untuk menekan penyebaran virus corona dengan tes massal dan transparansi informasi.
Image title
27 Maret 2020, 09:12

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan persebaran wabah virus corona (SARS-CoV-2) terbesar di luar Tiongkok. Negara ginseng termasuk yang berhasil menekan penyebaran pandemi penyakit Covid-19 yang belum ada obatnya ini.

(Baca: Pandemi Covid-19 yang Terlambat Diantisipasi Indonesia)

Beberapa upaya yang dilakukan Korea Selatan berupa testing massal, serta melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak. Terutama dengan masyarakat yang kooperatif untuk bekerja sama dalam ajakan social distancing. Upaya lain yang juga dilakukan melindungi pekerja kesehatan sekaligus bersiap untuk peningkatan kasus.

(Baca: Cegah Penyebaran Covid-19, antara Social Distancing atau Lockdown)

Menurut Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha, kunci terpenting keberhasilan Korea Selatan melawan wabah Covid-19 adalah melakukan tes massal. Sebab pemerintah memiliki tanggung jawab untuk “menjaga melawan kepanikan,” katanya seperti dilansir dari BBC.

(Baca: Ragam Langkah Jokowi Meredam Covid-19)

Berdasarkan data Selasa (24/3), setidaknya 348.582 orang telah dites. Angka tersebut sama dengan 6.799 orang per satu juta populasi. Hingga Rabu (25/3), terdapat 9.137 kasus positif dengan 3.730 (40,8% dari total kasus) di antaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan 126 pasien meninggal (1,4%) dari total kasus.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.