Dunia Mulai Pulih dari Serangan Virus Corona

Dari 93 ribu kasus virus corona global, sekitar 55 persen penderitanya telah dinyatakan sembuh. Laporan mereka yang sembuh itu terus meningkat.
Andrea Lidwina
4 Maret 2020, 13:37

Pasien coronavirus disease (Covid-19) di dunia sudah mencapai 93 ribu kasus hingga Selasa (3/3). Namun, sekitar 55 persennya telah dinyatakan sembuh. Di Tiongkok, pusat awal penyebaran virus ini, sebanyak 47,2 ribu pasien sembuh dari 80,2 ribu kasus yang tercatat di John Hopkins CSSE.

(Baca: Pekan ke-6 Wabah, Jumlah Kasus Baru COVID-19 Turun)

(Baca: Panduan Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja)

Negara-negara di benua lainnya juga memiliki jumlah pasien sembuh Covid-19 yang lebih tinggi dibandingkan korban meninggal. Di Timur Tengah, misalnya, sebanyak 299 orang sembuh dan 66 orang meninggal dari 1,7 ribu kasus. Kemudian, ada 268 orang sembuh dari 5,5 ribu kasus di Asia (selain Tiongkok) serta 191 orang sembuh dari 2,7 ribu kasus di Eropa.

(Baca: Akibat Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia 2020 Digelar Secara Virtual)

Meski begitu, pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 masih berpotensi membawa virus tersebut di dalam tubuhnya. Mereka pun direkomendasikan untuk mengecek kondisi kesehatan selama 14 hari setelah sembuh, menggunakan masker, dan mengurangi aktivitas luar ruangan pasca keluar dari rumah sakit.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.