115 Juta Penduduk Indonesia Bisa Jatuh Miskin

Pendapatan bulanan 115 juta penduduk belum aman, sehingga mereka terancam jatuh ke miskin.
Dwi Hadya Jayani
20 Februari 2020, 08:33

Bank Dunia menyebutkan Indonesia berhasil meningkatkan pendapatan penduduk miskin. Status mereka pun naik menjadi calon kelas menengah yang jumlahnya mencapai 115 juta penduduk. Populasi mereka setara dengan 45 persen dari total penduduk Indonesia.

(Baca: Taksir Ekonomi di Bawah 5% Akibat Corona, Bank Dunia Beri Saran Jokowi)

Namun laporan berjudul “Aspiring Indonesia-Expanding the Middle Class” yang dipublikasikan pada 30 Januari 2020 itu menyebutkan, ke-115 juta penduduk rentan kembali jatuh miskin. Penyebabnya, calon kelas menengah belum mencapai pendapatan yang aman. Saat ini pendapatan bulanan mereka hanya sebesar Rp 532 ribu-1,2 juta.

(Baca: Kelas Menengah Jadi Penggerak Ekonomi Indonesia)

Bank Dunia menyarankan agar pemerintah menyiapkan skema perlindungan terhadap mereka untuk mengantisipasi guncangan. Selain itu, diupayakan kelompok ini dapat naik ke kategori kelas menengah. Beberapa rekomendasi yang disarankan antara lain, memberikan sistem jaminan sosial yang efektif, pelayanan publik yang berkualitas khususnya untuk bidang pendidikan dan kesehatan, serta akses pekerjaan yang lebih baik.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.