Kekuatan Sistem Peluru Kendali Iran

Iran memiliki sistem persenjatan peluru kendali terbesar di kawasan Timur Tengah.
Andrea Lidwina
18 Januari 2020, 10:26

Militer Iran merupakan salah satu yang terkuat di Timur Tengah. Negara seribu mullah itu bahkan memiliki sistem peluru kendali (rudal) terbesar di kawasan itu, lantaran mereka mengoperasikan beragam tipe rudal.

Pada tipe short-range ballistic missile, ada Shahab-1 yang jangkauannya bisa mencapai Irak, Shahab-2 mampu menjangkau Suriah, dan Qiam-1 yang bisa diluncurkan hingga Arab Saudi.

Kemudian, Iran juga memiliki rudal yang lebih canggih, yakni Shahab-3 berjenis medium-range ballistic missile dan Soumar berjenis cruise missile. Jika keduanya diluncurkan, masing-masing bisa mencapai India dan Eropa Timur. Meski begitu, negara ini masih terus mengembangkan sistem rudal dengan meningkatkan teknologi dan daya jangkaunya.

Iran pun meluncurkan rudalnya ke pangkalan militer Amerika Serikat di Irak pada Rabu (8/1), sebanyak 17 kali di Ain al-Asad dan 5 kali di Erbil. Serangan ini merupakan balasan Iran atas pembunuhan petinggi militer Qaseem Soleimani oleh pasukan AS pada minggu sebelumnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.