Profil 4 Startup Unicorn Indonesia

Kepala BKPM Thomas Lembong sempat menyebut empat startup unicorn Indonesia memiliki induk usaha di Singapura dan investasinya masuk lewat negara itu.
Andrea Lidwina
1 Agustus 2019, 07:04

Indonesia memiliki empat perusahaan rintisan (startup) berstatus unicorn, atau memiliki valuasi lebih dari US$1 miliar, yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Meski mendapatkan pendanaan dari berbagai investor dalam dan luar negeri, perusahaan tersebut berkedudukan di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong sempat menyebut empat startup unicorn Indonesia memiliki induk usaha di Singapura dan investasinya masuk lewat negara itu. Namun, dia mengoreksi pernyataannya setelah mendapat tanggapan langsung dari Tokopedia dan Bukalapak.

“Mereka tidak pakai induk perusahaan di Singapura. Tetapi (mereka) sepenuhnya Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia. Saya bicara terlalu jauh, mengomentari bahan Google-Temasek ini,” katanya melalui akun Twitter-nya @tomlembong pada Selasa, 30 Juli 2019.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.