Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia Melejit Lagi

Kenaikan angka kemiskinan dipengaruhi pandemi Covid-19 yang memukul perekonomi. Dampaknya dirasakan oleh 12,2 juta penduduk hampir miskin yang bekerja di s
Dwi Hadya Jayani
Oleh Dwi Hadya Jayani
17 Juli 2020, 11:32

Jumlah penduduk miskin di tanah air meningkat menjadi 26,4 juta jiwa atau 9,78%. Angka ini meningkat 1,63 juta jiwa dibandingkan pada September 2019. 

(Baca: Dilema Warga Jakarta Hadapi Corona, antara Ekonomi atau Kesehatan?)

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, kenaikan angka kemiskinan dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang memukul perekonomi Indonesia. Dampaknya dirasakan oleh 12,2 juta penduduk hampir miskin yang bekerja di sektor informal. Kelompok ini merupakan yang rentan terhadap kemiskinan dan terdampak Covid-19. 

(Baca: Proyeksi Suram Ekonomi Indonesia)

Selain itu terdapat faktor lain seperti konsumsi rumah tangga melambat, kunjungan wisatawan mancanegara menurun dan harga eceran di beberapa komoditas turun. Persebaran tertinggi penduduk miskin terdapat di Maluku dan Papua sebesar 28,15%. Sementara persentase penduduk terendah terdapat di Pulau Kalimantan sebesar 5,81%.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.