Pasokan 4 Jenis Obat untuk Pasien Covid-19

Meski obat-obatan tersebut masih ada yang diimpor, tapi pemerintah akan memprioritaskan produksi obat Covid-19 dari dalam negeri
Image title
4 Oktober 2020, 10:05

Pemerintah memastikan ketersediaan distribusi obat Covid-19 ke berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia hingga akhir tahun. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tiga dari empat jenis obat sudah siap didistribusikan kepada pasien virus corona.

Meskipun obat tersebut masih ada yang diimpor dari luar negeri, namun pemerintah akan memprioritaskan produksi obat Covid-19 dari dalam negeri. Beberapa produsen obat tersebut yakni Indofarma, Amarox, Beta Pharmacon, Daewong Infion, dan Abbott dengan total produksi 14,2 juta butir obat.

Pengadaan obat ini merupakan bentuk upaya pemerintah untuk menekan angka kematian akibat virus corona yang terus melonjak. "Kita harus penuhi sehingga tidak ada orang yang meninggal karena kekurangan obat," kata Luhut dalam rapat koordinasi Penanganan Covid 19 di Jabodetabek di Jakarta, Rabu siang (30/9).

Tercatat, jumlah kematian kasus Covid-19 di Indonesia per Kamis (1/10) mencapai 10.740 orang dengan rasio 3,7%. Jumlah kematian ini termasuk yang tertinggi ketiga di Asia, atau hanya di bawah India dan Iran. Rasio kematian pasien 3,75% juga di atas rata-rata global yaitu 3%.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan