Sulitnya Bisnis Bangkit saat Masih Pandemi

Kurva resesi Indonesia akan berbentuk “Nike” atau huruf “U”. Ini artinya, ekonomi Indonesia tidak langsung pulih dalam waktu cepat.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
29 Oktober 2020, 08:10

Ekonomi Indonesia kemungkinan akan lambat untuk pulih dari resesi akibat pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi. Apalagi kegiatan ekonomi pun terbatas seiring pembatasan sosial di sejumlah wilayah. Di sisi lain, perilaku konsumsi masyarakat pun berubah akibat berkurangnya pendapatan.

Mantan Menteri Keuangan M Chatib Basri memperkirakan kurva resesi ekonomi Indonesia bakal berbentuk mirip logo merek sepatu “Nike” atau “U”.  Ini artinya, ekonomi Indonesia tidak langsung pulih dan diperkirakan masih berada di level negatif hingga akhir tahun ini.

“Pemulihan ekonomi secara total tidak mungkin membentuk kurva seperti huruf V,” ujar Chatib dalam diskusi virtual “Outlook Ekonomi: Peluang RI Keluar Resesi” yang ditayangkan Katadata.co.id, Rabu (21/10).

Proyeksi model pemulihan ekonomi tersebut, menurut Chatib, dengan asumsi tidak terjadi lonjakan lagi pada kasus Covid-19. Sementara jika terjadi lonkakan kasus, pemulihan ekonomi kemungkinan akan berbentuk huruf W.