Tentakel Investasi Jepang di Indonesia

Kunjungan PM Jepang diharapkan dapat menggairahkan investasi negeri sakura.
Image title
4 November 2020, 08:28

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menyatakan komitmen negaranya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Indonesia. Hal itu disampaikannya dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2020 lalu.

Selain akan membiayai sejumlah proyek infrastruktur, beberapa perusahaan asal Jepang pun telah menyatakan akan berinvestasi di Indonesia. Seperti Toyota, Mitsubishi Chemical, Denso, Sagami, hingga Panasonic.

Dalam pertemuan tersebut kedua kepala negara juga ingin meningkatkan kerja sama penanganan Covid-19. Pemerintah Jepang akan memberikan pinjaman untuk pengendalian pandemi di Indonesia. Selain itu, kedua negara juga akan membuka perjalanan, meski terbatas untuk kegiatan bisnis dengan syarat yang ketat.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap, kunjungan PM Jepang dapat menggairahkan investasi negeri sakura tersebut. Hingga kuartal III-2020, nilai investasi Jepang baru US$ 2,1 miliar, di bawah Singapura, Tiongkok, dan Hong Kong.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.