Mengapa Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Tinggi?

Positivity rate di Indonesia masih tinggi, yaitu 11,53%, jauh dari batas maksimal yang ditetapkan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang di bawah 5%.
Dwi Hadya Jayani
Oleh Dwi Hadya Jayani
13 November 2020, 10:00

Indonesia masih berkutat mengendalikan pandemi Covid-19. Hingga 12 November 2020, pasien yang terkonfirmasi positif mencapai 452,3 ribu. Angka ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Tak hanya kasus positif, tingkat kematiannya pun juga tinggi. Ada sekitar 55,3 ribu kasus kematian akibat Covid-19 sehingga menempatkan Indonesia di peringkat 26 dunia.

Masih tingginya laju pertumbuhan kasus karena tingginya positivity rate di Indonesia, yaitu 11,53%. Angka ini jauh dari batas maksimal yang ditetapkan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang di bawah 5%.

Selain itu, ada penolakan masyarakat untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dengan alasan merasa sehat, takut dikucilkan, dan takut menjalani proses tes. Masyarakat yang kurang disiplin dalam menerapakan #Gerakan3M juga berpotensi menambahnya laju peningkatan Covid-19.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan