Penyebaran Masif Covid-19 dari Kerumunan Massa

Di Indonesia ada kasus penularan massal Covid-19 dari Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat pada Juli 2020.
Image title
Oleh Yosepha Pusparisa
10 Desember 2020, 08:04

Di sejumlah negara terjadi beberapa kasus penyebaran Covid-19 besar-besaran yang berasal dari kerumunan massa. Di Italia misalnya, salah satu kasus penularan masif ini dari pertandingan sepak bola antara Atalanta dan Valencia pada 19 Februari 2020. Pertandingan yang dihelat di Milan tersebut menciptakan 7.000 kasus Covid-19 baru.  

Tak hanya Eropa, di Indonesia ada kasus superspreader Covid-19 yang dipicu dua orang siswa calon perwira yang sakit. Keduanya yang tinggal di asrama Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) ternyata telah membentuk klaster baru. Sebanyak 1.280 orang pun terinfeksi virus SARS-CoV-2 pada Juli lalu. (Baca: Rapuhnya Nasib Lansia Indonesia di Masa Pagebluk)

Pemerintah gencar mengingatkan masyarakat untuk menghindari kerumunan semasa pandemi Covid-19. Semua orang perlu mengikuti protokol kesehatan, minimal mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, dan menjaga jarak.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan