Gerai Retail Bertumbangan Saat Resesi

Perusahaan retail lebih memilih mengembangkan layanan online dan pesan-antar atau ekspansi gerai ke lokasi yang lebih strategis ke depannya.
Andrea Lidwina
26 Desember 2020, 09:55

Sejumlah perusahaan retail menutup gerainya secara permanen sepanjang 2020. Mal Golden Truly di Jakarta Pusat, misalnya, tak lagi beroperasi mulai 1 Desember lalu. Kemudian, enam gerai Matahari Department Store dan satu gerai Gramedia tutup pada kuartal IV ini.

Sebelumnya, Ace Hardware juga menyetop operasional dua gerai di Semarang dan satu gerai di Jakarta pada pertengahan tahun. Ramayana bahkan sudah menutup satu gerai di Depok sejak 1 April 2020.

Penutupan ini dilakukan karena jumlah pengunjung dan penjualan menurun akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) imbas Covid-19. Lokasi pesaing atau gerai cabang yang berdekatan juga menyebabkan penurunan tersebut.

Selain itu, perusahaan retail lebih memilih mengembangkan layanan online dan pesan-antar atau ekspansi gerai ke lokasi yang lebih strategis ke depannya. (Baca: Ekonomi Indonesia di Ambang Resesi)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.