Prioritas Vaksin Covid-19 untuk Usia Produktif

Pogram vaksinasi tahap I akan difokuskan ke penduduk usia produktif. Sedangkan untuk lansia menunggu hasil uji klinik selanjutnya.
Andrea Lidwina
19 Januari 2021, 14:27

Program vaksinasi diharapkan dapat menjadi “game changer” penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Pada tahap I (Januari-April 2021) ini, vaksinasi akan difokuskan kepada penduduk usia produksitf, yakni 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik. Setelah itu, vaksin baru akan diberikan pada 21,5 juta lansia yang berusia di atas 60 tahun.

Hal ini dikarenakan pelaksanaan uji klinis vaksin buatan Sinovac untuk lansia belum rampung. Kemudian, memberikan vaksin bagi penduduk usia produktif bisa mempercepat pembentukan kekebalan komunitas (herd immunity) dan pemulihan ekonomi nasional.

Amerika Serikat, Singapura, Turki, Tiongkok, dan India juga melakukan vaksinasi Covid-19 pada penduduk usia produktif terlebih dulu. Sebab, kelompok masyarakat ini paling berpotensi menyebarkan virus. Meski begitu, Inggris, Kanada, Arab Saudi, dan Jerman justru lebih mengutamakan pemberian vaksin pada lansia karena mereka paling rentan terhadap gejala parah dan kematian jika terinfeksi virus corona.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan