Heboh Vaksinasi Covid-19 Berbayar

Opsi vaksinasi Covid-19 jalur mandiri ini bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi, Seperti meningkatkan produktivitas dan kapasitas tenaga kerja dalam satu ruangan.
Andrea Lidwina
Oleh Andrea Lidwina
4 Februari 2021, 13:31

Pemerintah berencana membuka opsi vaksinasi Covid-19 mandiri bagi dunia usaha, utamanya bagi industri padat karya. Perusahaan akan membeli vaksin dari pemerintah, tidak mengimpor sendiri, kemudian diberikan secara gratis bagi karyawan.

Meski begitu, pemerintah tetap akan mengawasi pelaksanaan vaksinasi mandiri ini melalui satu kementerian. Merek vaksin yang digunakan pun bisa berbeda dengan program vaksinasi gratis. Beberapa yang menjadi kandidat adalah Moderna (efikasi 94,5%), Sputnik V (91,6%), Janssen (72%), dan GSK/Sanofi.

Opsi vaksinasi Covid-19 jalur mandiri ini bertujuan mempercepat pemulihan ekonomi,. Seperti meningkatkan produktivitas dan kapasitas tenaga kerja dalam satu ruangan, juga terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity).

Namun, rencana ini menuai kontra dari sejumlah pihak, lantaran berpotensi menyebabkan ketidakadilan di masyarakat. Peran swasta dalam program vaksinasi seharusnya terkait dengan bantuan distribusi, perbaikan data penerima vaksin, dan edukasi masyarakat.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan