Taipan di Balik Klub Sepak Bola Indonesia

Masuknya Erick Thohir sebagai salah satu pemegang saham Persis Solo menambah daftar pengusaha yang memiliki klub sepak bola di Indonesia.
Image title
26 Maret 2021, 07:41

Daftar pengusaha yang terlibat dalam pengelolaan klub sepak bola tanah air bertambah. Setelah Erick Thohir, menteri BUMN sekaligus pendiri Mahaka Group, membeli 20% saham Persis Solo. Erick menggandeng putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengelola klub berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut. (Analisis Data: Robohnya Industri Sepak Bola Nasional Saat Pandemi

Sebelum Erick beberapa pengusaha telah memiliki klub. Bali United, misalnya, di balik klub yang telah melantai bursa saham tersebut ada Pieter Tanuri, komisaris Multistrada Arah Sarana, yang memiliki 21,8%. Selain Pieter di klub asal Pulau Dewata itu ada Ayu Patricia Rachmat, anak TP Rachmat pendiri Triputra Group.

Di Persib Bandung, sosok yang ada di belakangnya adalah Glen Timothy Sugita yang juga pendiri Northstar Group. Glen memiliki 42% saham. Di Kalimantan, ada Hasnuryadi Sulaiman dari Hasnur Group yang memiliki saham di Barito Putera.

Azrul Ananda dari grup Jawa Pos mempunyai 70% saham Perserikatan Sepak Bola Surabaya (Persebaya). Sementara itu, kepemilikan saham Persatuan Sepak Bola (PSM) Makassar didominasi Aksa Mahmud dari Bosowa Corporation yang mengantongi 51%.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.