Adu Balap Covid-19 Malaysia dan Indonesia

Malaysia dan Indonesia adalah dua negara dengan peningkatan kasus baru Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.
Image title
29 Mei 2021, 11:37

Malaysia dan Indonesia adalah dua negara dengan peningkatan kasus baru Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara. Keduanya mengalami penambahan hingga lebih dari lima ribu kasus dalam sepekan terakhir.

Di Malaysia, rata-rata tujuh hari tambahan kasus baru mencapai 6.839 kasus atau naik 48%  per 26 Mei 2021. Sedangkan Indonesia penambahan 5.446 kasus baru atau meningkat 53%. (Baca: Ancaman Jamur Hitam Pasca-Corona di India)

Sementara itu, rata-rata kematian harian di Malaysia melejit 41% dengan 56 jiwa, dan tingkat kematian (CFR) sebesar 0,5%. Pelacakan yang rendah, hanya 17 tes per kasus terkonfirmasi diikuti dengan vaksinasi yang rendah (3,09%) dari total populasi vaksinasi penuh memperparah kondisi Malaysia.

“Jika gambaran ini masih terjadi selama satu atau dua minggu, tentu akan sangat berat bagi sistem kesehatan dalam negeri untuk menghadapi (pandemi),” ujar Abhisek Rimal, koordinator kesehatan Asia untuk Federasi Internasional Palang Merah, dikutip dari The Guardian.

Sementara di Indonesia, rata-rata kematian harian naik 5%. Namun akumulasinya lebih tinggi dari Malaysia sebab mencatat hingga 157 kematian baru. Tingkat kematiannya pun lebih tinggi hingga 2,8%.

Kemampuan pelacakan kasus pun rendah, yakni 10 tes dari tiap kasus terkonfirmasi. Vaksinasi berjalan lambat, baru 3,74% dari total populasi yang sudah vaksinasi penuh. (Baca: Sebaran Varian Baru Corona di Indonesia)

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia maupun Malaysia terjadi karena adanya mutasi varian baru virus corona. Mobilitas penduduk meningkat saat libur Lebaran, sehingga mengabaikan protokol kesehatan diikuti dengan timbulnya kerumunan massa.

Pemerintah kedua negara pun telah melonggarkan kebijakan dengan membuka kembali sektor ekonomi yang turut mendongkrak pertambahan kasus.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.