Mengapa Sudah Divaksinasi tapi Tetap Positif Covid-19?

Vaksinasi tidak menjamin seseorang terbebas dari tertular Covid-19. Penerapan protokol kesehatan masih menjadi cara utama untuk mencegah penularan.
Cindy Mutia Annur
12 Mei 2021, 09:10

Sebagian warga dikabarkan masih tertular Covid-19 meski sudah melakukan vaksinasi. Seperti yang terjadi pada Bupati Sleman Sri Purnomo hingga istri gubernur Jawa Barat Atalia Praratya. Ada sejumlah penyebab yang memungkinkan hal itu terjadi.

Di antaranya kurang menaati protokol kesehatan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan). Di samping juga kemungkinan telah terpapar virus sebelum divaksinasi.

Ada juga kemungkinan mereka yang sudah divaksinasi tidak mengikuti aturan pascavaksinasi, tidak mendapat dosis vaksinasi kedua tepat waktu atau tidak sama sekali, dan vaksin yang digunakan kurang efektif terhadap varian lain virus corona.

Vaksinasi virus corona memang tak menjamin seseorang dapat terhindar 100% dari Covid-19. Sebab, vaksinasi adalah salah satu upaya untuk membentuk imunitas (antibodi) di dalam tubuh. Oleh karena itu, masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi diimbau untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.