Ragam Program Bansos Kala Pandemi

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah program bansos selama pandemi Covid-19.
Image title
28 Juli 2021, 09:25

Pandemi Covid-19 tak hanya mengakibatkan persoalan kesehatan, tapi juga perekonomian. Banyak masyarakat, terutama kelompok miskin dan rentan yang penghasilannya terdampak sehingga kesulitan memenuhi kebutuhan hariannya.

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) guna membantu meringankan beban masyarakat. Salah satunya di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Apalagi, pemerintah telah resmi memperpanjang PPKM Level 4 sejak 26 Juli - 2 Agustus 2021 di 33 kabupaten/kota Jawa-Bali. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, PPKM Level 4 bakal ditunjang dengan beragam bansos yang sudah mulai digelontorkan pemerintah sejak pelaksanaan PPKM Level 4 sebelumnya.

"Ada bantuan sosial baru untuk masyarakat di kabupaten/kota untuk penerapan di PPKM Level 4. Bantuan sosial yang diterima masyarakat antara lain menambah bantuan Kartu Sembako, Kartu Sembako PPKM yang diusulkan Pemda, perpanjangan BST (Bantuan Sosial Tunai), dan lainnya," kata Airlangga dalam konferensi pers Minggu, 25 Juli 2021.

Sejumlah program bansos lainnya yang akan diberikan kepada masyarakat antara lain diskon listrik, bantuan beras Bulog, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Langsung (BLT) Desa. Kemudian, ada pula Kartu Prakerja, Bantuan Subsidi Upah (BSU), subsidi kuota internet, dan  BLT UMKM. (Baca: Cara Daftar Bansos dan Syarat untuk Mendapatkannya)

Adapun pemerintah telah menambah anggaran untuk ragam program bansos tersebut sebesar Rp 39,19 triliun. Secara total, anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) naik sebesar Rp 55,21 triliun dari Rp 699,43 triliun menjadi Rp 744,75 triliun.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.