Waspada Badai Sitokin Penderita Covid-19

Badai sitokin merupakan reaksi tubuh yang terjadi akibat Covid-19. Kondisi ini berpotensi mematikan lantaran sel imun menyerang jaringan tubuh yang sehat.
Dwi Hadya Jayani
25 Agustus 2021, 16:30

Salah satu dampak Covid-19 yang mematikan adalah ketika terjadi “badai sitokin” di dalam tubuh. Kondisi ini terjadi bilamana imun tubuh bereaksi berlebihan terhadap virus, sehingga tubuh melepaskan banyak sitokin ke dalam darah dalam waktu cepat.

Akibatnya sel imun justru menyerang jaringan dan sel tubuh yang sehat yang menyebabkan terjadinya peradangan. Biasanya, badai ini terjadi di jaringan paru-paru dan pembuluh darah pada pasien Covid-19. (Baca: Mengenal Badai Sitokin, Kondisi Kritis Deddy Corbuzier usai Kena Covid)

Secara umum, gejala mirip dengan Covid-19 pada umumnya. Kendati demikian, risiko dari badai sitokin perlu diwaspadai karena berpotensi menyebabkan kematian. Deddy Corbuzier adalah salah satu selebritas yang pernah mengalami badai sitokin.

“Saya sakit, saya kritis dalam waktu tiga hari dan ada kemungkinan besar meninggal,” kata Deddy dalam podcast di kanal Youtube Deddy Corbuzier pada Minggu, 22 Agustus 2021.

Pasien yang mengalami badai sitokin memerlukan perawatan di unit perawatan insentif (ICU). Oleh karenanya, jika mengalami gejala tersebut perlu untuk segera melapor ke tenaga kesehatan.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.