Alternatif Vaksin Covid-19 bagi Fobia Jarum

Vaksin Covid-19 semprot dinilai lebih efektif karena langsung berada di mukosa hidung yang sering menjadi sarang awal infeksi corona.
Dwi Hadya Jayani
30 November 2021, 15:46

Sejumlah produsen tengah menyiapkan vaksin Covid-19 yang pengaplikasiannya dengan cara semprot melalui hidung (nasal spray). Vaksin ini dinilai memberikan sejumlah kelebihan dibandingkan vaksin yang diberikan dengan cara suntik.

Vaksin semprot hidung diklaim tidak menimbulkan rasa sakit. Hal ini dinilai bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang fobia terhadap jarum suntik.

Kemudian, vaksin semprot hidung lebih unggul karena langsung menuju mukosa hidung yang sering menjadi tempat awal infeksi. Studi praklinis dan klinis mengenai imunisasi intranasal menghasilkan pembentukan antibodi penetral tinggi.

Selain itu ada respons sel IgA dan sel T mukosa yang menghindari infeksi sindrom pernapasan akut Covid-19 pada saluran pernapasan atas dan bawah. Kemudian, vaksin ini memungkinkan untuk dapat digunakan sendiri. 

“Vaksin intranasal memungkinkan pemberian sendiri dan dapat dirancang untuk bertahan pada suhu sekitar, sehingga menyederhanakan aspek logistik transportasi dan penyimpanan,” kata Vivek P Chavda seperti dikutip dari artikel berjudul “Intranasal vaccines for SARS-CoV-2: From challenges to potential in COVID-19 management” yang dimuat dalam jurnal Drug Discov Today

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.