India Pencetak CEO Raksasa Teknologi Dunia

Laporan Pew Research menunjukkan 77,5% imigran India di Amerika Serikat (AS) memiliki pendidikan tinggi, tertinggi dibandingkan negara lain.
Image title
7 Januari 2022, 09:19

Banyak talenta asal India yang ditunjuk untuk menakhodai raksasa teknologi berskala dunia. Perusahaan teknologi ternama seperti Microsoft, Google, IBM, serta teranyar dari Twitter, memiliki para pemimpin berdarah India.

Parag Agrawal yang sebelumnya menjabat sebagai CTO Twitter, dinobatkan menggantikan posisi Jack Dorsey yang memilih mundur dari posisinya sebagai CEO Twitter. Tercatat, Parag mulai menjabat di posisi barunya itu per November 2021.

Nama tersebut hanya beberapa dari banyak pemimpin industri teknologi yang berasal dari India. Ada pula Arvind Krishna yang menjabat sebagai CEO IBM. Satya Nadella yang merupakan CEO Microsoft, hingga Sundar Pichai yang menjadi CEO Alphabet.

Ada sejumlah faktor mengapa banyak talenta raksasa teknologi dunia yang berasal dari India. Di antaranya yakni karena didorong faktor pendidikan. Tercatat, ada 1.465 universitas teknologi di India hingga saat ini menurut Shiksa.com.

Laporan Pew Research menunjukkan, 77,5% imigran India berpendidikan tinggi di Amerika Serikat (AS). Angka ini merupakan yang tertinggi dibandingkan negara-negara lain. Korea Selatan, misalnya, hanya terdapat 53,6% imigran asal negaranya yang berpendidikan tinggi di AS.

Faktor lainnya yakni karena banyak talenta asal India yang mahir di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Bahkan, laporan Statista.com menunjukkan, sebanyak 31,7% lulusan STEM dunia berasal dari India pada 2018.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.