Para Penguasa Pasar Smartphone Global

Penjualan smartphone global mencapai 1,35 miliar unit pada 2021, hampir mendekat level sebelum pandemi. Samsung masih menjadi penguasa pasar ponsel pintar di dunia.
Vika Azkiya Dihni
8 Februari 2022, 12:36

Perkembangan pasar ponsel pintar (smartphone) global kembali pulih. Berdasarkan laporan terbaru Canalys, total penjualan ponsel pintar global mencapai 1,35 miliar unit pada 2021 atau tumbuh 7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan tersebut juga disebut mendekati level pra-pandemi sebesar 1,37 miliar yang tercatat selama 2019. Kinerja positif ini lantaran banyak vendor yang memberikan kinerja terbaik mereka pada tahun 2021 dengan memperluas pengiriman smartphone hingga dua digit, dibandingkan tingkat sebelum pandemi.

Samsung masih menjadi penguasa pasar ponsel pintar dengan total pengiriman 274,5 juta unit dengan pangsa sebesar 20%. Total pengiriman pabrikan asal Korea Selatan itu tumbuh 7% dibandingkan pada 2020.

Apple menduduki peringkat kedua dengan pengiriman 230,1 juta unit. Pertumbuhan tahunannya tercatat sebesar 11%.

Xiaomi berada di peringkat ketiga dengan pengiriman sebanyak 191,2 juta unit, serta meraih pertumbuhan tahunan tertinggi dari seluruh merek yaitu sebesar 28%.

Kemudian, Oppo di peringkat keempat dengan pengiriman 145,1 juta unit atau tumbuh 22%. Sedangkan peringkat kelima ditempati oleh vivo dengan pengiriman sebanyak 129,9 juta unit dengan pertumbuhan tahunan 15%.

Sementara itu, beberapa merk ponsel pintar lainnya tercatat mengalami penurunan sebesar 10%. Total pengirimannya tercatat sebanyak 397,4 juta unit.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.