Peta Lumbung Suara 3 Bakal Capres

Dzulfiqar Fathur Rahman
6 Desember 2022, 16:42

Basis pendukung bakal calon presiden (capres) memiliki wilayah berbeda-beda. Hal ini terungkap dari hasil survei yang dilakukan Charta Politika pada 4-12 November 2022 lalu. 

Di Pulau Jawa, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bersaing merebut suara dalam Pilpres 2024. Anies memiliki basis suara terbesar di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Di Jakarta dan Banten, mantan gubernur Jakarta tersebut memiliki pangsa suara 33% dan di Jawa Barat sebesar 27,6%. 

Sementara Ganjar unggul di Jawa Tengah-Yogyakarta dan Jawa Timur. Di kedua provinsi tersebut, lelaki berambut putih tersebut memiliki basis suara masing-masing 73% dan 32,6%.

Sementara di Sumatra dan Sulawesi, Anies berbagi suara dengan Prabowo. Di Sumatra, Anies unggul dengan 29,2% pemilih, sedangkan Prabowo 26%. Sementara Ganjar hanya memiliki 20,8% pemilih. 

Di Sulawesi, pemilih Anies dan Prabowo diperkirakan mencapai 27,8% dan 25,6%. Sedangkan Ganjar sebesar 13,3%.

(Baca: Peta Basis Pemilih Ganjar, Prabowo, dan Anies di Pilpres 2024)

Prabowo tidak memimpin jajak pendapat ini di wilayah manapun, meskipun mampu bersaing secara ketat dengan Anies dan Ganjar di wilayah tertentu.

Di antara ketiga bakal calon presiden ini, hanya Ganjar yang belum memperoleh dukungan partai secara resmi. Pada saat yang sama, ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani aktif mewakili PDIP untuk bertemu dengan pemimpin partai-partai lain di tengah konsolidasi partai politik menuju Pilpres 2024.

Anies dan Prabowo masing-masing telah mengamankan dukungan partai. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah mengumumkan akan mengusung Anies. Prabowo akan menjadi calon presiden dari partai yang dia pimpin sendiri, yaitu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.