Image title
20 Januari 2020, 08:23

Video: Kisruh Netflix di Indonesia

Kehadiran layanan video on demand (VOD) Netflix semakin diminati masyarakat Indonesia. Pelanggannya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Nilai pendapatan Netflix di Indonesia pun mencapai Rp 1,07 triliun per tahun.

Pemerintah pun mengincar agar penyedia jasa streaming film tersebut membayar pajak. Hal ini disebabkan oleh aturan perpajakan yang mengharuskan perusahaan memiliki Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia. Padahal Netflix sudah beroperasi di Indonesia sejak 2016.

Di sisi lain, Kemendikbud menggandeng Netflix untuk mengembangkan industri perfilman tanah air. Walau begitu, kehadiran Netflix belum mampu diterima oleh semua kalangan. Termasuk perusahaan negara Telkom Group, Kominfo, dan juga Komisi Penyiaran Indonesia yang menilai konten Netflix belum memenuhi peraturan undang-undang di Indonesia yang erkaitan dengan pornografi dan ITE.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.