Anak Muda Garda Depan Penanganan Penyebaran Corona

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
10 Oktober 2020, 11:15
Edsus Covid-19
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA

Tenaga medis agaknya tidak tepat disebut sebagai garda terdepan dalam pandemi Covid-19. Justru, masyarakat terutama kelompok mudalah yang sesungguhnya berada di barisan terdepan upaya menahan laju penyebaran virus corona. Barulah tenaga medis menjadi pertahanan terakhir.

Cluster Millenial GPM & Relawan Kemanusiaan M. Hidayat mengatakan, masyarakat khususnya anak muda harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui bahwa kasus positif paling banyak dialami kaum muda .

“Ingat Pesat Ibu agar pakai masker, misalnya, adalah bentuk perubahan perilaku. Dan ini memang memerlukan proses. Tapi, kami terus sampaikan bahwa gerakan memakai masker ini aksi dari dan untuk kepentingan masyarakat sendiri,” katanya dalam diskusi daring oleh Katadata.co.id, Jumat (9/10/2020).

Hidayat bersama para relawan untuk gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun) terus berupaya memberikan narasi positif tentang betapa strategisnya peran anak muda. Mereka adalah agen perubahan sehingga memberikan dampak signifikan dalam penanganan pandemi.

“Semua ingin keadaan pandemi ini segera berakhir kan. Jadi, ya harus punya semangat untuk terus mematuhi protokol kesehatan 3M,” tutur Hidayat.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...