Asosiasi Dokter di Inggris: Masker Wajib Dipakai di Kantor dan di Luar

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
11 Oktober 2020, 12:25
HEALTH-CORONAVIRUS/JAPAN-JSDF
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/wsj/cf

Asosiasi Tenaga Medis di Inggris (BMA) meminta pemerintah untuk menerapkan aturan yang lebih ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Salah satunya adalah dengan membuat aturan yang mewajibkan semua warga untuk memakai masker ketika di kantor atau di luar ruangan.

Sejak pemerintah Inggris mencabut status lockdown Agustus lalu, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat. Sabtu (10/9), tercatat ada 15.166 kasus baru di Inggris dengan jumlah meninggal bertambah 81 orang. Dengan demikian, sejak pandemi sudah lebih dari 42 ribu orang meninggal karena Covid-19. Jumlah kasus positif Covid-19 di Inggris sudah hampir 600 ribu orang.

Advertisement

Mulai Senin (12/10), pemerintah Inggris mengeluarkan aturan baru yaitu Rule of Six yang isinya larangan untuk bertemu atau berkumpul dengan enam orang atau lebih. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkapkan, aturan ini merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

Seperti dilansir dari Mirror.co.uk, dokter di Inggris mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Rekomendasi itu antara lain mewajibkan memakai masker di kantor dan juga lingkungan kerja serta di luar ruangan yang tidak memungkinkan untuk menjaga jarak.

Asosiasi Dokter di Inggris juga meminta pemerintah menyediakan masker medis gratis untuk warga negara yang berusia di atas 60 tahun. Selain itu, pemerintah juga diminta menyediakan masker gratis untuk warga yang memasuki fasilitas publik dan lupa membawa masker.

Ketua Dewan Asosiasi Dokter Inggris, Dr Chaand Nagpaul mengungkapkan, inkonsistensi dari pesan pemerintah usai pencabutan lockdown mempunyai peranan dalam peningkatan kasus positif Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement