Gelombang Kedua Melanda Eropa, Kasus Covid-19 Naik 400 Ribu per Hari

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
18 Oktober 2020, 13:16
Phil Noble Warga berjalan melewati ilustrasi virus di luar pusat sains regional, saat kota dan daerah sekeliling menghadapi larangan lokal sebagai upaya menghindari 'lockdown' secara lokal yang diberlakukan di wilayah tersebut, di tengah penyebaran pen
ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble/hp/cf

Jumlah kasus baru Covid-19 di dunia terus bertambah. Per 17 Oktober 2020, jumlah kasus baru meningkat lebih dari 400 ribu per hari yang merupakan rekor terbanyak sejak pandemi.

Eropa yang sukses menekan jumlah kasus infeksi baru beberapa bulan lalu, kini menjadi episentrum baru. Dalam satu minggu terakhir, jumlah kasus baru mencapai lebih dari 140 ribu.

Jumlah kasus baru di Eropa jauh lebih banyak dibandingkan dengan total jumlah kasus di India, Brasil dan Amerika Serikat. Dari 100 kasus baru, 34 berasal dari negara Eropa. Dilansir dari Reuters, Eropa mencatat 1 juta kasus baru dalam 9 hari dengan jumlah total 6,3 juta kasus sejak pandemi.

Negara di benua Eropa dengan jumlah kasus Covid-19  terbanyak adalah Inggris, Prancis, Rusia, Belanda dan Spanyol. Prancis berada di posisi pertama dengan 19 ribu lebih kasus baru per hari diikuti Inggris, Rusia, Spanyol dan Belanda.

Sejumlah negara di Eropa kembali menutup sekolah dan rumah makan selama 15 hari dan membatasi jumlah orang yang bisa belanja di toko. Di Republik Cek, pemerintah menerapkan sekolah jarak jauh dan meminta bantuan ribuan mahasiswa kedokteran. Rumah sakit juga memulangkan pasien dengan penyakit tidak terlalu parah untuk memperbanyak jumlah tempat tidur.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...