Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia di Atas Rata-rata Global

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
18 Oktober 2020, 17:09
Sejumlah tenaga medis, relawan dan pasien COVID-19 mengikuti kegiatan senam pagi di Rumah Singgah Karantina COVID-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Kegiatan senam rutin yang dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB selama 25 menit terse
Adi Maulana Ibrahim|Katadata

Penyebaran virus Covid-19 di dunia masih terus terjadi, termasuk di Indonesia. Angka akumulasi pasien yang terinfeksi pun terus bertambah. Meski begitu dalam beberapa waktu terakhir, jumlah pasien di Tanah Air yang sembuh terus menunjukkan angka positif.

Berdasarkan pernyataan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, angka kesembuhan kasus Covid-19 di Indonesia sudah ada di atas rata-rata dunia.

Advertisement

"Jumlah kumulatif dunia --termasuk kumulatif di Indonesia, memang terus naik. Tetapi angka kesembuhannya juga naik dan cukup tinggi, bahkan sudah di atas rata-rata dunia. Sekitar 76-77 persen dan ini selalu fluktuasi, namun kecenderungannya naik dari waktu ke waktu ," kata Wiku dalam konferensi virtual BNPB bertema Sosialisasi Iman, Aman, dan Imun Hadapi Covid-19, Jumat (16/10).

Dia lantas menerangkan pentingnya langkah-langkah pencegahan, seperti gerakan 3M untuk menekan laju penularan virus Corona. "Karena fasilitas kesehatan kita tidak akan memadai apabila banyak yang sakit," tambah dia lagi.

Gerakan 3M yang dikampanyekan lewat #ingatpesanibu, terdiri dari imbauan untuk memakai masker, manjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement