Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia di Atas Rata-rata Global

Pemerintah terus menekankan pentingnya langkah-langkah pencegahan, seperti gerakan 3M untuk menekan laju penularan virus Corona.
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
18 Oktober 2020, 17:09
Sejumlah tenaga medis, relawan dan pasien COVID-19 mengikuti kegiatan senam pagi di Rumah Singgah Karantina COVID-19, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Kegiatan senam rutin yang dilakukan setiap hari pada pukul 08.00 WIB selama 25 menit terse
Adi Maulana Ibrahim|Katadata

Penyebaran virus Covid-19 di dunia masih terus terjadi, termasuk di Indonesia. Angka akumulasi pasien yang terinfeksi pun terus bertambah. Meski begitu dalam beberapa waktu terakhir, jumlah pasien di Tanah Air yang sembuh terus menunjukkan angka positif.

Berdasarkan pernyataan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, angka kesembuhan kasus Covid-19 di Indonesia sudah ada di atas rata-rata dunia.

"Jumlah kumulatif dunia --termasuk kumulatif di Indonesia, memang terus naik. Tetapi angka kesembuhannya juga naik dan cukup tinggi, bahkan sudah di atas rata-rata dunia. Sekitar 76-77 persen dan ini selalu fluktuasi, namun kecenderungannya naik dari waktu ke waktu ," kata Wiku dalam konferensi virtual BNPB bertema Sosialisasi Iman, Aman, dan Imun Hadapi Covid-19, Jumat (16/10).

Dia lantas menerangkan pentingnya langkah-langkah pencegahan, seperti gerakan 3M untuk menekan laju penularan virus Corona. "Karena fasilitas kesehatan kita tidak akan memadai apabila banyak yang sakit," tambah dia lagi.

Gerakan 3M yang dikampanyekan lewat #ingatpesanibu, terdiri dari imbauan untuk memakai masker, manjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir.

Berdasarkan data yang dihimpun Katadata, sampai Sabtu (17/10), terdapat total 357.762 kasus positif virus Corona di Indonesia dengan pertambahan kasus di kisaran 4 ribu kasus.

Dari jumlah total kasus tersebut terdapat 281.592 pasien yang sembuh atau sekitar 78,7 persen, 63.739 pasien aktif (17,8 persen), dan 12.431 pasien meninggal (3,5 persen). Sementara kasus total kasus di dunia, untuk kasus aktif sebesar 22 persen; kasus sembuh 75,1 persen; dan kasus meninggal 2,82 persen.

Data terakhir, Sabtu (17/10) juga menunjukkan pertambahan 4.048 pasein sembuh dalam sehari. Tambahan pasien sembuh terbesar berasal dari Jakarta sebanyak 1.106 orang, diikuti Jawa Barat 440 orang, Jawa Timur 323 orang, dan Jawa Tengah 320 orang.

Melihat laju pasien sembuh yang semakin banyak alangkah baiknya diimbangi juga dengan penekanan angka penyebaran. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya lewat pencegahan. Saat ini, guna menyebarluaskan kampanye Ingat Pesan Ibu maka Satgas Covid-19 menggandeng grup musik Padi Reborn. Mereka meluncurkan lagu pendek berjudul Ingat Pesan Ibu. Lagu berdurasi 30 detik ini mengkampanyekan #pakaimasker, #cucitanganpakaisabun, dan #jagajarakhindarikerumunan. Kampanye ini diharapkan agar masyatakat patuh terhadap protokol kesehatan sebagaimana seorang anak patuh terhadap pesan dari ibunya.

Video Pilihan

Artikel Terkait