Indekos Menjadi Klaster Penyumbang Kasus Positif Covid-19

Meski berada di dalam indekos, gerakan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak terus dilakukan agar terhidar Covid-19.
Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Riset dan Publikasi
24 Oktober 2020, 16:15
PROYEK PENGEMBANGAN PERKOTAAN NASIONAL
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.

Tim Pakar Satuan Tugas Covid-19, Dewi Nur Aisyah dalam siaran Youtube BNPB, Agustus lalu menyampaikan klaster pemukiman atau transmisi lokal turut menyumbang kasus positif terbanyak di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur.  Bahkan, di Jawa Timur klaster transmisi lokal menjadi klaster penyebaran Covid-19 tertinggi kedua dengan jumlah mencapai 894 kasus per 12 September 2020 lalu.

“Jika ada orang positif Covid-19, yang berisiko tertular adalah keluarga, kemudian ketika mereka beraktivitas diluar akhirnya menularkan ke orang lain dalam satu wilayah yang sama,” ujar Dewi.

Dewi juga menambahkan, selain klaster pemukiman, kasus positif Covid-19 juga turut ditemukan di area apartemen hingga indekos. “Bisa jadi karena merasa bahwa penghuni lainnya tidak positif sehingga akhirnya mulai lengah dan terjadilah penularan,”katanya.

Kejadian tersebut turut dialami oleh Triani (bukan nama sebenarnya) di kostnya yang berada di Jakarta. Padahal, ia sudah patuh melakukan berbagai protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak bila keluar dari area kost.

Perempuan berusia 27 tahun tersebut juga melakukan hampir semua aktivitasnya dari kost demi terhindar dari Covid-19, namun tertular oleh dua teman indekosnya saat tidak sedang mengenakan masker. “Saya melakukan kontak dengan keduanya saat bertemu di fasilitas kost yang digunakan bersama seperti dapur dan pantry,” katanya kepada Katadata, Minggu (18/10).

Belajar dari pengalaman Triani, gerakan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak harus selalu dilakukan guna melindungi diri dari bahaya Covid-19 meski berada di dalam rumah khususnya area indekos. Penghuni indekos harus selalu mencuci tangan setelah beraktivitas di luar kamar kos.

Selain itu, menjaga jarak maupun menggunakan masker penting dilakukan ketika mengobrol dengan penghuni kost lainnya agar meminimalisir penularan Covid-19. Penyemprotan seluruh area indekos secara berkala serta menjaga kebersihan fasilitas bersama dapat mencegah penularan Covid-19 di area indekos.

Saat ini, guna menyebarluaskan kampanye Ingat Pesan Ibu maka Satgas Covid-19 menggandeng grup musik Padi Reborn. Mereka meluncurkan lagu pendek berjudul Ingat Pesan Ibu. Lagu berdurasi 30 detik ini mengkampanyekan #pakaimasker, #cucitanganpakaisabun, dan #jagajarakhindarikerumunan. Kampanye ini diharapkan agar masyatakat patuh terhadap protokol kesehatan sebagaimana seorang anak patuh terhadap pesan dari ibunya.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait