Pakar Kesehatan: Tidak Mudah untuk Distribusi Vaksin Covid-19

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
25 Oktober 2020, 12:02
HEALTH-CORONAVIRUS/SINOVAC
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/AWW/dj

Dunia ilmu pengetahuan telah mengalami kemajuan pesat dalam menciptakan vaksin Covid-19. Paling cepat, awal Desember 2020 telah keluar persetujuan untuk minimal satu vaksin yang bisa menjadi obat untuk virus yang telah menyebabkan pandemi di seluruh dunia.

Dilansir dari laman USAToday, Direktur National Institutes of Health Francis Collins mengatakan, paling lambat pada akhir tahun ini akan ada satu vaksin yang dianggap aman dan efektif.

Advertisement

Namun, akan ada masalah baru yang muncul ketika vaksin tersebut telah mendapatkan persetujuan yaitu cara untuk mendistribusikan vaksin. Karena tidak mudah untuk mendistribusikan vaksin sesuai dengan harapan masyarakat.

Prioritas utama dari vaksin Covid-19 adalah pekerja kesehatan dan kelompok manusia usia lanjut (manula).  Dua kategori itu berjumlah 150 juta orang di Amerika. Karena itu, untuk bisa mendistribusikan ke seluruh warga Amerika tidak cukup hanya dengan satu vaksin yang sudah disetujui.

“Paling tidak harus ada tiga vaksin yang disetujui agar bisa didistribusikan ke seluruh warga Amerika,” kata ahli vaksin Paul Offit.

Permasalahan lain yang harus segera dipecahkan adalah apakah vaksin tersebut cocok untuk kelompok manula. Karena, dari sejumlah studi ditemukan bahwa vaksin yang satu lebih cocok untuk manula dibandingkan vaksin yang lain.

“Sangat sulit untuk mendapatkan vaksin yang cocok untuk bisa disuntikkan kepada orang yang tepat dalam waktu singkat,” jelas Offit.

Ada dua perusahaan farmasi besar di Amerika Serikat yang tengah menyiapkan vaksin Covid-19 yaitu Pfizer dan Moderna. Apabila salah satu perusahaan farmasi tersebut berhasil membuat vaksin, maka akan sulit untuk meyakinkan ratusan ribu orang untuk menjadi relawan bagi vaksin yang tengah dikembangkan berikutnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement