Tips Kelola Stres Selama di Rumah Semasa Pandemi

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
25 Oktober 2020, 17:50
WARGA WAJIB MEMAKAI MASKER MESKI TIDAK SAKIT
ANTARA FOTORahmad/wsj.

Di masa pandemi saat ini, mobilitas menjadi sangat terbatas. Untuk menghindari transmisi virus, masyarakat harus berdiam di rumah dengan berbagai ketidakpastian. Adaptasi kebiasaan baru pun sudah diberlakukan sejak beberapa bulan terakhir. Kegiatan seperti bekerja, belajar, dan beribadah pun dilakukan di rumah.

Tak hanya itu, banyak dari kita yang mengalami masa-masa sulit seperti kehilangan pekerjaan atau orang yang kita sayangi, merawat mereka yang sakit, dan persoalan lainnya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, ketakutan dan kecemasan tentang penyakit baru dan apa yang mungkin terjadi bisa sangat membebani dan menyebabkan emosi yang kuat pada orang dewasa dan anak-anak.  

Advertisement

Namun, perlu diingat bahwa merasa sedih, bingung, bahkan stres menjadi hal yang normal dialami selama krisis ini terjadi. Oleh karenanya, memelihara kesehatan mental menjadi sangat penting saat ini. World Health Organization (WHO) membagikan tips agar terhindar dari stres selama pandemi:

1. Meluangkan waktu dengan keluarga di rumah

Menghabiskan waktu dengan bercengkrama dan mendekatkan diri dengan keluarga di rumah dapat menghindari diri dari rasa cemas dan bingung. Menceritakan apa yang dirasakan kepada orang yang dipercaya seperti keluarga atau teman dapat mengurangi rasa stres yang dirasakan.

2. Jaga pola hidup sehat

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement