Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Bekerja dari Rumah Selama Pandemi

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
1 November 2020, 19:00
Rima Pujilestari (23), bekerja sebagai IT suport di salah satu media online di Jakarta menyelesaikan pekerjaannya di kamar indekos daerah Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (19/3/2020). Sejumlah perusahaan memberlakukan Work From Home guna menc
Adi Maulana Ibrahim|Katadata

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, sejumlah langkah dilakukan untuk menekan laju penularan virus. Antara lain, dengan pembatasan hingga karantina wilayah. Akibatnya, seluruh kegiatan dilakukan dari rumah, termasuk bekerja. Alhasil, work from home atau bekerja dari rumah menjadi norma umum  yang dilakukan selama pagebluk berlangsung.

Banyak yang menyambut baik kegiatan yang kemudian jadi tren ini. Namun, tak sedikit orang yang justru shock dan tidak tahan dengan perubahan perilaku ini. Hal itu terjadi karena ‘garis’ yang memisahkan antara kerja dan kehidupan pribadi semakin terasa kabur karenanya.

Advertisement

Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk menjaga kesehatan mental selama WFH, dengan memisahkan urusan pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Ashley Whillans, Asisten Profesor program MBA Harvard Business Scholl menekankan pentingnya menciptakan waktu khusus untuk keduanya.

“Jika kita tidak bisa memisahkan antara pekerjaan dan urusan rumah, ini akan menjadi waktu yang berat bagi kita. Karena pada dasarnya (sekarang) kita hidup di tempat kerja,” ujar perempuan yang juga penulis buku ‘Time Smart: How to Reclaim Your Time and Live Happier Life’ dikutip dari CNA Lifestyle.

Berdasar risetnya terhadap pola kerja kebanyakan orang saat ini, Ashley menemukan orang yang ‘bisa mengatur waktu’ saat bekerja dari rumah punya tingkat kepuasan bekerja yang lebih tinggi, tingkat stres yang lebih rendah, dan tingkat kebahagian secara umum yang lebih baik.

“Itu berarti tegas dalam menetapkan waktu istirahat, batasan, dan kebiasaan sepanjang hari untuk membantu diri kita sendiri transisi dari kehidupan pribadi ke pekerjaan," katanya lagi. Ashley juga merekomendasikan beberapa cara untuk menjadi lebih baik dalam mengatur waktu berdasar risetnya. Berikut tipsnya:

Atur Waktu

Buat seakan-akan berangkat kerja. Jangan langsung bergeser ke meja kerja begitu terbangun dari tidur. Habiskan setidaknya 15 menit untuk perisapan bekerja untuk memberi ruang bagi mental untuk transisi memulai hari kerja.

Istirahat Sejenak

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement