Merasakan Gejala Covid-19? Ini Cara Isolasi Diri

Isolasi ini dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan diri dan menghindari penularan kepada orang-orang sekitar termasuk keluarga
Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
14 November 2020, 15:26
Petugas menyiapkan fasilitas ruangan bagi isolasi Mandiri di salah satu hotel Oyo Townhouse Kawasan Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2020).
Adi Maulana Ibrahim|Katadata

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan virus corona. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019. Hingga saat ini, belum ada obatnya dan vaksinnya pun masih tengah dikembangkan. Maka, jika Anda positif Covid-19, pihak rumah sakit akan mengisolasi Anda. Namun, biasanya, ada rujukan untuk mengisolasi diri secara mandiri di rumah.

Isolasi diri ini dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan dan menghindari penularan kepada orang-orang sekitar termasuk keluarga. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, mereka yang melakukan isolasi diri perlu melaporkan kondisi kesehatannya kepada fasilitasi layanan terdekat untuk dipantau.

Berikut adalah sepuluh hal yang harus dilakukan saat kita harus isolasi diri.

  1. Tinggal di rumah dan tidak boleh berinteraksi dengan masyarakat.
  2. Menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lain.
  3. Jaga jarak lebih dari 1 meter dari anggota keluarga lainnya.
  4. Menggunakan masker selama isolasi diri.
  5. Ukur suhu tubuh setiap hari dan amati gejala yang dialami.
  6. Hindari pemakaian bersama peralatan makan, peralatan mandi dan linen/sprei.
  7. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. 
  8. Berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.
  9. Bersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh dengan cairan disinfektan.
  10. Segera hubungi fasilitasi layanan kesehatan jika kondisi memburuk.

Sebelum isolasi diri, perhatikan terlebih dulu gejala Covid-19 mungkin terjadi pada diri kita. Gejala umum adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering hingga anosmia atau menghilangnya kemampuan indra penciuman. Ada juga yang mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Bahkan, sebagian orang tidak merasakan apa-apa, seperti orang sehat.

Yang pasti, jika Anda pernah berdekatan dengan orang yang memilliki gejala Covid-19 atau bepergian ke zona merah corona, segera laporkan ke puskesmas terdekat dan lakukan monitoring mandiri. Bila dalam 1 - 14 hari kemudian Anda mengalami gejala maka lakukan isolasi diri dan lapor kondisi Anda ke faskes terdekat.

Karena orang yang merasa sehat pun bisa saja sedang kena Covid-19, maka kita semua harus tinggal di rumah. Bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Kenapa? Untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih luas.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait