Kejar Standar WHO, Tren Kapasitas Testing Covid-19 Indonesia Meningkat

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
21 November 2020, 15:30
Edsus Covid-19
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA

Pemerintah terus berupaya untuk mencapai angka kapasitas testing Covid-19 sesuai standar World Health Organization (WHO). Adapun kapasitas pemeriksaan Covid-19 tiap wilayah disesuaikan dengan kepadatan populasi.

Badan Kesehatan Dunia merekomendasikan 1 tes per 1.000 populasi tiap pekannya. Artinya untuk kapasitas nasional, dengan dengan asumsi jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 267 juta jiwa, diperlukan testing sebanyak 267.000 orang per minggu.

Sejak awal Juni hingga minggu ketiga Oktober 2020, terlihat adanya tren peningkatan testing yang baik. Meski kembali melemah pada dua pekan selanjutnya, namun tren kembali naik sampai pekan ketiga bulan 11.

Advertisement

"Kapasitasnya hampir mendekati target standar WHO, berada di 86,25% (dari kondisi ideal) pada November minggu kedua. Kondisi ini menjadi evaluasi bersama khususnya bagi pemerintah daerah terkait kapasitas testing," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, dikutip dari covid19.go.id, Jumat (20/11/2020).

Lebih lanjut evaluasi dari tiap daerah terkait kemampuan testing juga diminta terus dilakukan. Ketersediaan laboratorium, kemampuan laboratorium, dan laporan terkait diharapkan dapat mengukur kebutuhan tiap daerah.

Wiku juga menyoroti temuan Satgas Penanganan Covid-19 yang menujukkan tren menurunnya kapasitas testing pada hari-hari tertentu, khususnya saat masa liburan.
"Ini harusnya kita hindari, karena kita sudah cukup lama menghadapi pandemi Covid-19. Kami menyayangkan hal ini terjadi mengingat virus ini tidak mengenal hari libur, maka kita tidak lepas tangan dalam kondisi ini," ujarnya.

Ia mengimbau pemerintah daerah untuk menambah dan memperbaiki mekanisme operasional laboratorium melalui penambahan jumlah shift laboran, diikuti pemberian insentif yang sepadan dan koordinasi dengan pemerintah pusat. Selain itu pemeriksaan terkait kesesuaian reagen dengan alat testing yang digunakan juga perlu untuk selalu dilakukan.

Di lain sisi Wiku menyebut tidak mudah mencapai sistem kesehatan yang sempurna di Indonesia. Selain wilayah yang luas, secara geografis juga terdapat ribuan pulau yang dipisahkan wilayah perairan di Nusantara. "Akan tetapi, saya tekankan, bahwa kondisi ideal tersebut bukan tidak mungkin terjadi karena pencapaian saat ini sudah 86 persen lebih.”

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement