Waspada Reinfeksi Covid-19 di Indonesia

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
22 November 2020, 13:46
HEALTH-CORONAVIRUS/USA-TEXAS
ANTARA FOTO/REUTERS/Callaghan O'Hare/WSJ/cf

Meski sudah berlangsung sejak awal tahun 2020, pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan belakangan muncul kejadian reinfeksi Covid-19 yang dilaporkan terjadi di sejumlah negara. Salah satunya dialami oleh pasien berusia 25 tahun di Nevada, Amerika Serikat.

Walaupun belum terdapat kasus di Indonesia, adanya fenomena reinfeksi virus Corona perlu dicermati dengan baik. Berdasarkan pengumpulan informasi Pandemic Talks, akun Instagram yang mengompilasi dan menyajikan data resmi soal pandemi, reinfeksi merupakan infeksi oleh agen infeksius yang sama untuk kedua kalinya setelah seseorang sembuh dari infeksi pertama.

Namun, hingga saat ini belum terdapat kriteria pasti akan reinfeksi Covid-19. Perlu diketahui, bahwa susunan materi genetik virus pada infeksi kedua akan berbeda dengan yang sebelumnya terjadi. Melansir dari Media Indonesia, Dokter spesialis penyakit dalam dari Omni Hospital Pulomas Dirga Sakti Rambe, susunan ini dapat dilihat dengan analisis genom (whole genome sequencing) dari virus.

“Harus melalui uji sequencing genomik dan di Indonesia masih terbatas,” ujarnya.

Diduga terdapat beberapa penyebab adanya reinfeksi. Pertama, perlindungan antibodi pada orang yang terinfeksi tidak bertahan lama. Kedua, reinfeksi juga dapat disebabkan oleh pasien yang kembali terinfeksi namun dengan strain virus yang berbeda akibat adanya mutasi virus.

Perlu juga membedakan dengan reaktivasi, yaitu kembali munculnya penyakit atau infeksi setelah jeda waktu tanpa gejala dari penyakit tersebut. Masih dari Pandemic Talks, terdapat 24 kasus reinfeksi di seluruh dunia dengan 1 kasus meninggal hingga 3 November 2020. Indonesia sendiri belum melakukan analisis genom. Oleh karenanya, kasusnya sampai saat ini masih dianggap terduga reinfeksi.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...