Pembentukan Satgas Daerah Jadi Kunci Penanganan Covid-19

Satgas Penanganan Covid-19 di daerah dapat mempermudah koordinasi dengan pemerintah pusat hingga tingkat RT/RW.
Image title
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
22 November 2020, 16:25
DANA PINJAMAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di tingkat daerah menjadi kunci utama untuk menekan angka penularan virus Corona. Satgas di daerah dapat berperan untuk mempermudah koordinasi penanganan Covid-19 dengan pemerintah pusat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito juga menyampaikan bahwa satgas daerah bertugas untuk memastikan agar rumah sakit tak terisi penuh oleh pasien dan langsung mengoordinasikannya dengan pemerintah pusat.

"Jika dimungkinkan, Satgas di daerah dapat menggunakan rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19," kata Wiku pada keterangan pers yang disiarkan di Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/11).

              

Satuan tugas di daerah juga berperan untuk memonitor kedisiplinan protokol kesehatan dan sosialisasi perubahan perilaku 3M (memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan). Pasalnya, gerakan ini perlu gencar disebarkan dan seluruh pihak perlu ikut serta. Peran satgas di daerah sangat berpengaruh karena akan mempermudah sosialisasi hingga level terendah yaitu RT/RW.

Dengan adanya hal ini, Wiku optimis akan lancarnya sinergitas pemerintah daerah dan pusat yang akan menyelesaikan persoalan pandemi. Wiku juga meyakinkan pihak daerah bahwa pemerintah pusat mendukung penuh dan siap memberikan bantuan kepada satgas daerah.

Pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 mengacu pada struktur Satgas Penanganan Covid-19 pusat. Daerah dapat merujuk pada Surat Edaran Mendagri No. 440/5184/SJ tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Daerah.

Namun, Wiku menekankan, pembentukan Satgas daerah bergantung pada kebutuhan dan karateristik daerah masing-masing. Adapun kepala daerah yang berwenang untuk menyusun dan mendelegasikan anggotanya. "Struktur Satgas pusat dapat dijadikan acuan sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri kepada gubernur dan bupati/walikota," ucapnya.

Perlu Bersinergi dengan Pemerintah Pusat

Ketika sudah terbentuk, Satgas daerah tidak bisa berjalan sendirian. Persoalan lainnya adalah perlu adanya sinergi yang kuat agar penanganan menjadi efektif.

"Dalam hal ini contoh yang perlu kita perhatikan bersama adalah daerah-daerah penyangga di seputar DKI Jakarta yaitu Bodetabek," kata Wiku dalam keterangan virtual di Sekretariat Negara, Selasa (15/9). Adapun daerah tersebut adalah kota atau kabupaten yang ada di Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

Daerah-daerah tersebut merupakan pusat aktivitas masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dengan DKI Jakarta. Oleh karenanya, dengan adanya sinergi tak hanya antara pemerintah daerah dan pusat, namun juga antar daerah, dapat menekan kasus secara signifikan.

Sehingga potensi penularannya dapat dicegah dengan menekan mobilitas penduduk antar daerah tersebut. Daerah-daerah lain di Indonesia yang memiliki keadaan serupa pun diharapkan dapat meningkatkan sinergitasnya.

Mengutip dari pemberitaan Media Indonesia, Wiku berharap koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah akan berlansung rutin agar keadaan dapat terkendali. Tak hanya itu, setiap permintaan bantuan dari pemerintah daerah dapat segera dikerahkan, termasuk bantuan kebijakan dan peraturan di daerah sekitarnya.

Dengan demikian, tak hanya pemerintah pusat dan daerah, masyarakat di seluruh daerah perlu berkontribusi menekan kasus positif Covid-19. Caranya adalah selalu mengingat dan melaksanakan Gerakan 3M. Jika sangat dibutuhkan, pertemuan kecil dengan lingkaran sosal masih dapat dilakukan. Asalkan dengan tanggung jawab dan protokol kesehatan yang selalu ditaati.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait