Waspada Potensi Klaster Pilkada

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
5 Desember 2020, 13:15
Petugas menggunakan masker, pelindung wajah, dan kaos tangan memberikan surat suara kepada calon pemilih saat simulasi nasional pemungutan suara Pilkada serentak di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (31/10/2020). Simulasi nasional yang dihadiri ketua KPU Arief Bu
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/hp.
Petugas menggunakan masker, pelindung wajah, dan kaos tangan memberikan surat suara kepada calon pemilih saat simulasi nasional pemungutan suara Pilkada serentak di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (31/10/2020). Simulasi nasional yang dihadiri ketua KPU Arief Budiman dan perwakilan KPU tingkat kota/kabupaten wilayah Indonesia timur tersebut sebagai upaya kesiapan KPU menyelenggarakan Pilkada serentak dengan menerapkan protokol kesehatan guna menanggulangi penyebaran COVID-19.

Dalam waktu dekat, yakni pada 9 Desember 2020, akan diselenggarakan pemilihan daerah atau  pilkada serentak di Tanah Air. Satgas Penangangan Covid-19 menegaskan, hajatan politik ini perlu diwaspadai agar jangan sampai menjadi klaster baru penularan virus corona.

Kekhawatiran adanya klaster pilkada bukan tanpa alasan. Selain kerumunan yang berpotensi penularan, sejumlah kepala daerah dan calon kepala dilaporkan positif Covid-19 menjelang pesta demokrasi itu digelar.

Advertisement

Terbaru adalah Gubernur Riau Syamsuar dan Wali Kota Malang Sutiaji, yang sama-sama mengumumkan konfirmasi positif pada 1 Desember lalu. Lainnya adalah Imron Rosyadi, Bupati Cirebon Jabar, Mohammad Idris Abdul Somad, Wali Kota Depok (diumumkan pada 25 November), Mundjidah Wahab, Bupati Jombang Jatim (diumumkan pada 26 November).

Adapun kepala daerah lainnya adalah Anies Baswedan Gubenur DKI Jakarta yang mengaku tertular wakilnya, Ahmad Riza Patria.  

Sejauh ini, tercatat ada sekitar 25 orang kepala daerah yang bertugas terjangkit virus corona. Sebagian dapat sembuh lantas kembali bertugas. Ada pula kepala daerah maupun pejabat pemerintahan yang nyawanya tidak terselamatkan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement