Hotel Dilarang Terima Tamu yang Tidak Bawa Tes Antigen

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
24 Desember 2020, 05:00
Lipsus Properti 2
Adi Maulana Ibrahim|Katadata

Pemerintah Kota Malang Jawa Timur sudah meminta kepada seluruh pemilik hotel untuk tidak menerima tamu yang tidak membawa  tes antigen Covid-19. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, Wali Kota Malang sudah mengeluarkan Surat Edaran nomor 34 yang isinya wisatawan wajib tes antigen untuk bisa menginap di hotel.

“Kalau positif maka hotel tidak boleh menerima tamu tersebut. Apabila ada tamu yang sudah tes antigen tapi lupa membawa suratnya maka diminta untuk melakukan tes ulang di tempat tes terdekat,” kata Ida Ayu kepada Katadata, Rabu (23/12/2020) melalui sambungan telepon.

Ida Ayu menambahkan, klinik di kota Malang sudah siap untuk menerima wisatawan yang akan melakukan tes antigen di masa liburan Natal dan Tahun Baru.

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, Pemkot juga sudah membatasi jumlah kamar yang boleh diisi di masing-masing hotel. Sesuai Surat Edaran Walikota no 34 yang dikeluarkan pada 21 Desember lalu, hotel hanya diizinkan mengisi 80 persen dari kapasitas kamar yang tersedia.

Ida Ayu menjelaskan, tingkat hunian hotel di Kota Malang saat ini sudah mencapai 60 persen. Dalam beberapa hari ke depan, Ida optimistis tingkat hunian hotel bisa mencapai angka 70-80 persen atau yang tertinggi di masa pandemi.

Selain hotel, tempat wisata di Kota Malang juga sudah diingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dinas Pariwisata sudah menginstruksikan kepada pengelola tempat wisata untuk menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...