6 Film Serial ‘Kisah Pagebluk’ Tayang Akhir Pekan Ini

Enam film merupakan hasil garapan dari lima sutradara yang bercerita seputar dinamika kehidupan masyarakat selama pandemi Covid-19.
Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
26 Desember 2020, 12:00
Ilustrasi, platform MAXstream Original yang merilis konten serial terbaru berjudul Cerita Kamu.
telkomsel

Film serial pendek (miniseries) berjudul “Kisah PAGEBLUK: Pandemi Punya Cerita” terjadwal tayang mulai akhir pekan ini, 27 Desember 2020. Tontonan ini merupakan gagasan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bekerja sama dengan Produksi Film Negara (PFN) dan Kominfo.

Rilis perdana pada 27 – 29 Desember 2020 berlangsung pada pukul 19.00 WIB, melalui saluran YouTube Lawan Covid19 ID. Enam film yang akan tayang merupakan hasil garapan dari lima sutradara yang bercerita seputar dinamika kehidupan masyarakat selama pandemi Covid-19.

Enam film pendek tersebut, yaitu Positif (Hanung Bramantyo), Riuh (Lola Amaria), Menantu Pilihan Bapak dan Ulang Tahun Pernikahan (Andi Bachtiar Yusuf), Serangan Fajar (Boy Rano), serta Isolasi dan Spaghetti (Rush Singh).

Mengingat penayangannya dilakukan melalui YouTube, artinya film-film pendek tersebut disaksikan secara live streaming. Cara ini sejalan dengan berubahnya kebiasaan masyarakat dalam mengakses tayangan hiburan, yang semakin dominan melalui live streaming.

Mengutip CNN Indonesia dan JustWatch, sampai dengan pertengahan 2020, sebagian besar layanan streaming legal di Indonesia mengalami lonjakan. Di antaranya, Netflix mengalami kenaikan pelayanan hingga 298 persen, Catchplay 358 persen, Viu 421 persen, hingga iflix 518 persen. 

Peningkatan tersebut salah satunya berasal dari kehadiran pengguna baru yang memilih streming legal sebagai medium hiburan saat pandemi. Pasalnya, aktivitas menonton di bioskop tak bisa dilakukan lantaran ditutup sejak awal-awal virus corona merebak di Tanah Air.

Penonton Netflix

Mengutip Katadata, diketahui bahwa Netflix mencatat peningkatan hingga 15,8 juta pelanggan berbayar pada triwulan pertama tahun ini. Alhasil, secara keseluruhan menjadi 182,9 juta pelanggan berbayar.

Bertambahnya jumlah pelanggan berbayar Netflix tersebut menjadi yang tertinggi. Pada triwulan I-2019, terjadi peningkatan 9,6 juta pelanggan berbayar. Kemudian sempat menurun pada triwulan selanjutnya menjadi 2,7 juta pelanggan berbayar. Triwulan III hingga IV-2019 meningkat menjadi 6,8 juta dan 8,8 juta pelanggan berbayar.

Selain bertambahnya jumlah pelanggan berbayar, Netflix mengakui pandemi Covid-19 akan berdampak pada pendapatan dan proses pembuatan film. Menurutnya, pendapatan internasionalnya akan lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya karena dolar meningkat drastis. Selain itu, penundaan produksi film berimbas juga pada keterlambatan rilis film-film terbarunya.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait