Menko Airlangga: Vaksin Ibarat Game Changer Pandemi Covid-19

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
26 Desember 2020, 14:00
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 y
ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengibaratkan bahwa vaksin sebagai pemecah keruwetan situasi akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi dipastikan menjadi program prioritas pemerintah.

“Pemulihan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi itu game changer-nya (pengubah arah permainan) adalah vaksinasi. Ini prioritas bagi pemerintah dan sedang dipersiapkan detilnya sembari menunggu izin Badan POM,” katanya dalam diskusi virtual Satgas Covid-19, Kamis (24/12/2020).

Soal vaksin, pemerintah baru-baru ini memutuskan menggratiskan vaksinasi Covid-19. Hal ini ditetapkan paskamencuat kritik dari berbagai kalangan atas rencana sebelumnya, yakni vaksinasi berbayar. Setelah ini, vaksinasi akan menyasar 107 juta penduduk usia 18 – 59 tahun.

Vaksin yang digunakan adalah buatan Sinovac dan Merah putih, juga hasil kerja sama COVAX. Sejauh ini, waktu pelaksanaan vaknisasi belum ditetapkan lantaran tengah menunggu izin darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Apresiasi terhadap program vaksinasi gratis salah satunya datang dari Akademi Ilmuwan Muda Indonesia. ALMI mendukung program vaksinasi cepat kepada populasi berisiko supaya segera menjangkau cakupan minimal vaksinasi yang diperlukan, guna mendapatkan kekebalan kelompok.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...