3 Tip Menenangkan Diri di Musim Liburan Saat Pandemi

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
31 Desember 2020, 11:00
Ilustrasi Keluarga
Katadata

Tahun ini menjadi momentum liburan yang sangat berat. Pandemi Covid-19 tak kunjung mereda di Indonesia dan mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja. Pasalnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa mobilisasi masyarakat dapat mendorong peningkatan kasus positif hingga 30-40 persen. Untuk mengantisipasi lonjakan, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan menghindari kerumunan.

"Dan masyarakat juga diimbau membatasi perjalanan liburan ke luar kota dan sebisa mungkin untuk tetap di rumah saja," kata Wiku dalam keterangan pers, Kamis (24/12).

Advertisement

Meski merayakan pergantian akhir tahun 2021 di rumah, hal pemicu stres justru makin besar. Membeli kebutuhan untuk perayaan akhir tahun selama di rumah hingga selalu ada untuk satu sama lain secara mental dan fisik dapat menimbulkan kelelahan mental.

Terkadang segala upaya ini menimbulkan stres yang tidak disadari mempengaruhi kesehatan tubuh. Maka dari itu, tak ada salahnya jika libur akhir tahun kali ini dapat digunakan untuk memberi ruang pada perspektif dan pendekatan baru untuk kesehatan tubuh. Caranya, dengan merefleksikan diri untuk meminimalisir stres. Berikut, 3 tip untuk menghilangkan stres, khususnya saat musim liburan.

1. Akui Stres

Musim liburan di tengah pandemi sangat memicu stres. Rasa suntuk menahan bepergian sejak adanya pandemi sangat kuat. Mengutip laman organisasi perawatan kesehatan di Amerika Serikat, Providence, penting untuk menyadari bahwa saat seperti ini dapat memicu stres.

Dengan merasakan stres, kita dapat mengamati penyebabnya dengan mencari sumber kegelisahan yang dirasakan. Akan jauh lebih baik jika kita dapat menuliskan dan memetakan stres tersebut. Hal ini akan mempermudah kita mencari jalan keluar atas kegelisahan yang kita rasakan. Setelah dipetakan, kita dapat menuliskan secara rinci daftar tugas (to-do-list) berbagai solusi yang akan dilakukan selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement