Kolaborasi Berbasis Ilmu, Kunci Perubahan Perilaku di Tengah Pandemi

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
17 Januari 2021, 16:09
Dua orang warga tidak menggunakan masker saat melintas di daerah Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/1/2021). Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Sabtu (16/1) kasus positif COVID-19 bertambah 14.224 orang menjadi 896.642 orang, sementara kasus
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp.

Perilaku masyarakat Indonesia berubah sejak adanya pandemi Covid-19. Kebiasaan berkumpul dengan sanak keluarga dan teman harus dibatasi agar penyebaran virus tidak lebih parah.  Tak hanya itu, masyarakat kini mulai melakukan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, vitamin, olah raga hingga mengatur jam tidur. Perubahan lainnya adalah penggunaan teknologi yang diterapkan dari mulai bekerja, belajar, hingga berbisnis dan berbelanja.

Survei Bank DBS Indonesia pada pertengahan 2020 mengungkapkan ada perubahan sikap terhadap kesehatan. Sekitar 500 responden yang disurvei mengaku lebih fokus pada rumah, memasak makanan sendiri, dan memilih belanja lewat e-commerce. Adapun, belanja kebutuhan sehari-hari secara tradisional pun berubah.

Advertisement

“Responden menyebutkan bahwa kesehatan dan kebersihan adalah hal berharga dan ada perubahan cara pandang terhadap dua hal itu,” tulis survei “Indonesia Consumption Basket” yang terbit pada 28  Agustus 2020. Sekitar 54 persen responden mengonsumsi lebih banyak vitamin dan suplemen.

Penerapan gaya hidup menerapkan protokol kesehatan pun berubah selama pandemi. Survei Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat kepatuhan masyarakat Indonesia dalam menerapkan protokol kesehatan sudah cukup baik selama September lalu, khususnya saat berada di luar rumah. Sebanyak 91,98% responden menyatakan sering atau selalu memakai masker demi mencegah virus corona Covid-19.

Namun, menjelang akhir tahun, kepatuhan tersebut menurun. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa peningkatan angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia lantaran tingkat disiplin masyarakat melaksanakan gerakan 3M atau protokol kesehatan mengalami penurunan di semua daerah. "Tingkat disiplin masyarakat di hampir semua daerah mengalami penurunan. Awal November lalu tingkat kepatuhan memakai masker ada di kisaran 86,18%, namun turun di minggu-minggu selanjutnya," kata Doni dalam talkshow di Graha BNPB secara daring dari Jakarta, Kamis (24/12).

 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement