Pfizer Siapkan 40 Juta Vaksin Covid-19 untuk Negara Miskin

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
23 Januari 2021, 09:59
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Antara

Perusahan farmasi Pfizer berpartisipasi dalam program COVAX dengan cara menyiapkan hampir 40 juta vaksin Covid-19 dan memberikan kepada Badan Kesehatan Dunia (WHO). Nantinya, vaksin tersebut akan disalurkan kepada negara miskin dan berpendapatan menengah.

Komitmen Pfizer itu disampaikan lewat konferensi pers virtual di Jenewa, Swiss, Jumat (22/1). Pfizer bersama rekanan kerjanya BioNTech adalah yang pertama kali mendapatkan izin pengggunaan darurat vaksin Covid-19 dari  Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, Desember lalu.

Beberapa waktu lalu, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengkritik perusahaan farmasi yang dinilai mengambil untung banyak dari pengadaan vaksin. Tedros menuding, perusahaan farmasi hanya menyalurkan vaksin kepada negara-negara kaya. Ini membuat negara miskin dan negara dengan pendapatan menengah kesulitan untuk membeli vaksin dengan harga yang terjangkau.

COVAX sendiri adalah program global yang bertujuan untuk memvaksinasi miliaran orang di 92 negara miskin dan berpendapatan menengah. Sebelumnya, COVAX sudah mendapatkan akses untuk 2 miliar dosis vaksin dari lima perusahaan farmasi lain, termasuk opsi untuk tambahan 1 miliar dosis lagi.

Sebelumnya, Pfizer tidak mau memberikan bantuan vaksin Covid-19 kepada negara miskin tanpa meraih keuntungan di masa pandemi. Namun, Pfizer dan BioNTech akhirnya mau memberikan vaksin tanpa mendapatkan keuntungan kepada negara miskin.

40 juta vaksin untuk negara miskin tersebut akan mulai disalurkan pada Maret 2021 secara bertahap.

“Perusahaan masih harus menyelesaikan perjanjian kerja sama yang sudah disepakati sebelumnya untuk menyalurkan vaksin. Namun demikian, kami dengan bangga bergabung dengan program COVAX sehingga negara berkembang juga punya akses yang sama mendapatkan akses. Ini akan mempercepat upaya kita semua keluar dari pandemi,”  kata CEO Pfizetr Albert Bourla, seperti dilansir dari Channelnewsasia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...