Tip Mengobati Duka dan Kehilangan pada Masa Pandemi

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
23 Januari 2021, 12:30
Seorang warga menulis nama di nisan kerabatnya yang dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lahan pemakaman di Rorotan sebagai antisipasi penuhnya TPU khusus COVID-19 di Pondok Ra
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

Kebijakan menjaga jarak selama pandemi Covid-19 membuat kita perlu kreatif menyiasati situasi, khususnya ketika orang yang kita kasihi meninggal dunia. Pasalnya, pertemuan dengan keluarga dan teman di satu lokasi tak memungkinkan.

Bagi sebagian orang, situasi pandemi mungkin membuat proses berduka menjadi lebih sulit. Mengutip laman www.kawalcovid19.id, setidaknya ada lima cara yang bisa dilakukan untuk melalui proses berduka selama masa pandemi.

Advertisement

Pertama adalah hubungi keluarga dan teman setiap hari. Gunakan aplikasi perpesanan singkat maupun media sosial. Jalur komunikasi yang terjalin setiap hari dapat membantu mengingatkan bahwa ada orang-orang yang memperhatikan kita. Kedua, lakukan pertemuan virtual. Anggota keluarga atau teman dapat membantu mengatur pertemuan virtual, misalnya melalui Google Hangouts atau Zoom, untuk berbagi kenangan dan cerita tentang almarhum/almarhumah.

Ketiga, tak ada salahnya untuk bergabung dalam kelompok yang memberikan dukungan bagi orang yang berduka. Berbagi cerita dengan kelompok yang senasib dapat membantu meringankan rasa sedih.  Keempat, cari pilihan virtual untuk menghormati kenangan dan keinginan terakhir almarhum/almarhumah. Pertimbangkan untuk menciptakan kenangan secara online sesuai dengan kebutuhan untuk dibagikan dengan teman dan keluarga, misalnya menyusun buku kenangan virtual. Opsi lain dengan mencari jasa yang dapat memandu pemakaman virtual sehingga anggota keluarga dan teman yang tidak tinggal bersama kita bisa ikut bergabung.

Kelima, adalah mencoba untuk terus mengenang orang yang kita cintai dengan cara apapun. Contohnya, banyak orang yang merasakan manfaat dari membuat catatan harian atau menyiapkan meja kecil yang memajang kenang-kenangan almarhum/almarhumah sebagai bentuk penghormatan.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement