Jangan Terlalu Khawatir Soal Efek Vaksinasi Covid-19

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
23 Januari 2021, 13:30
Petugas melakukan vaksinasi kepada tenaga medis di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Sebanyak 2.630 tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet Kemayoran menjalani vaksinasi COVID-19 secara bertahap. Vaksinasi terhadap para tenaga
Adi Maulana Ibrahim|Katadata

Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat agar tidak khawatir berlebihan terhadap kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) Covid-19. Sebaliknya, publik terus diajak agar mendukung dan turut menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari menekankan, vaksinasi merupakan salah satu upaya tambahan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. “Mari pastikan semua keluarga kita divaksinasi. Kalau kita aman, InsyaAllah, bangsa dan negara ini aman,” ujarnya dalam diskusi virtual soal KIPI, Rabu (20/1/2021).

Sementara itu, mengutip laman www.covid19.go.id diketahui bahwa sejauh ini, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) terus memantau pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Per 20 Januari 2021, komnas mencatat ada 30 laporan KIPI yang bersifat ringan dan tidak ada reaksi serius yang memerlukan perawatan intensif.

KIPI adalah semua kejadian medik yang terjadi setelah imunisasi, menjadi perhatian, dan diduga berhubungan dengan imunisasi. Sebagian masyarakat terus meragukan dan menunjukkan ketakutan, khususnya terkait kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) ini. 

KIPI memang ada yang serius, tetapi juga ada yang nonserius. KIPI serius ialah setiap kejadian medis setelah imunisasi yang menyebabkan rawat inap, kecacatan, hingga kematian serta menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sementara itu, KIPI nonserius tidak menimbulkan risiko potensial pada kesehatan si penerima vaksin. Dan berdasarkan laporan KIPI yang masuk ke komnas, terpantau semua bersifat ringan. Artinya, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini.

Muhammad Fajri Adda’I selaku dokter dan tim penanganan Covid-19 yang telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama mengatakan, dirinya tidak merasakan reaksi yang aneh. “Biasa saja,” tuturnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...