Perhatikan Sirkulasi Udara Demi Cegah Penyebaran Virus

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
7 Februari 2021, 11:25
WHO Menyebut Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Luar Inggris
ANTARA/Shutterstock

Jika beraktivitas dalam ruangan bersama orang lain ada baiknya memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Ketua Tim Mitigasi Covid-19 PB IDI, Dr. Muhammad Adib Khumaidi menjelaskan anjuran WHO dalam beraktivitas dalam ruangan, lebih baik membuka jendela dalam masa pandemi Covid-19.

“Dalam kondisi pandemic, AC kurang dianjurkan. Lebih baik membuka jendela,”ucapkanya dikutip dari Antara.

Advertisement

Saran yang sama juga diungkapkan Ketua Umum Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia, Prof. Dr. Ridwan Amiruddin. Menurutnya, selain protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, WHO juga menganjurkan untuk membuka jendela dalam ruangan.

Anjuran ini berkaca dari sempat meningkatnya kluster perkantoran yang transmisinya banyak terjadi di ruangan ber-AC. Sebab itu dalam kondisi ruangan tertutup dan sirkulasi udara buruk sangat berisiko terjadi penularan virus.

Pada ruangan ber-AC, alat pendingin udara itu cenderung mengempaskan udara dengan kipas. Hal ini berpotensi membuat droplet tersebar ke penjuru ruangan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement